Selasa, 16 April 2013

Perilaku Konsumen(3)


serta mengapa permintaan untuk beberapa produk lebih sensitif dari pada produk lainnya pada perubahan harga dan pendapatan.
Cara tebaik untuk memahami perilaku konsumen adalah dengan tiga langkah yang berbeda:
1.      Preferensi konsumen: langkah pertama adalah menemukan cara yang praktis untuk menggambarkan alasan-alasan mengapa orang lebih suka satu barang daripada barang yang lain. Kita akan melihat bagaimana preferensi konsumen untuk berbagai barang dapat digambarkan secara grafik dan aljabar.
2.      Keterbatasan Anggaran: sudah pasti, konsumen juga mempertimbangkan harga oleh karena itu, dalam langkah kedua ini kita harus menyadari adanya kenyataan bahwa konsumen mempunyai keterbatasan pendapatan yang membatasi jumlah barang yang dapat mereka beli. Apa yang harus dilakukan konsumen dalam situasi seperti ini ? Kita menemukan jawaban untuk pertanyaan ini dengan mengabungkan preferensi konsumen keterbatasan anggaran dalam langkah ketiga berikut.
3.      Pilihan-pilihan konsumen: dengan mengetahui preferensi dan keterbatasan pendapat mereka, konsumen memilih utnutk membeli kombinasi barang-barang yang memaksimalkan kepuasan mereka. Kombinasi ini akan bergantung pada harga berbagai barang tersebut. Jadi, pemahaman pada pilihan konsumen akan membantu kita memahami permintaan yaitu, berapa banyak jumlah suatu barang yang dipilih konsumen untuk dibeli bergantungan pada harganya.

Ketiga langkah ini merupakan dasar dari teori konsumen, dan kita akan membahasnya secara rinci dalam tiga bagian pada bab ini. Kemudian, kita akan mengalih sejumlah aspek menarik lainnya dari perilaku konsumen sebagai contoh, kita akan melihat bagaimana seseorang dapat menentukan sifat dasar preferensi konsumen melalui pengamatan actual terhadap perilaku konsumen. Jadi, jika konsumen memilih satu barang dari barang alternatif dengan harga yang sama, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa ia lebih menyukai barangyang pertama. Kesimpulan yang sama dapat diambil dari kepususan aktual yang dilakukan konsumen dalam menanggapi perubahan harga berbagai barang dan jasa yang tersedia untuk dibeli.
Pada akhir bab ini, kita akan kembali pada pembahasan tentang harga riil dan nominal yang sudah mulai kita bahas pada Bab 1. Kita melihat bahwa indeks harga konsumen dapat memberikan satu ukuran bagaimana kesejahteraan konsumen berubah sepanjang waktu. Pada bab ini, kita mempelajari lebih mendalam mengenai subjek daya beli dengan menggambarkan serangkaian indeks yang mengukur perubahan daya beli sepanjang waktu. Karen hal itu mempengaruhi manfaat dan biaya dari sejumlah program kesejahteraan sosial, indeks-indeks ini merupakan perangkat yang signifikan dalam menetapkan kebijakan pemerintah di Amerika Serikat.

1 komentar:

  1. Menganai jawaban anda diatas yg poin pertama ada kata "Kita akan melihat bagaimana preferensi konsumen untuk berbagai barang dapat digambarkan secara grafik dan aljabar". ini sangat menarik perhatian saya untuk bertanya, bagaimana contah gambaran grafik dan aljabar yang dimaksud? Mohon penjelasannya

    BalasHapus