serta
mengapa permintaan untuk beberapa produk lebih sensitif dari pada produk
lainnya pada perubahan harga dan pendapatan.
Cara
tebaik untuk memahami perilaku konsumen adalah dengan tiga langkah yang
berbeda:
1.
Preferensi konsumen: langkah pertama adalah menemukan cara
yang praktis untuk menggambarkan alasan-alasan mengapa orang lebih suka satu
barang daripada barang yang lain. Kita akan melihat bagaimana preferensi konsumen untuk berbagai
barang dapat digambarkan secara grafik dan aljabar.
2.
Keterbatasan Anggaran: sudah pasti, konsumen juga
mempertimbangkan harga oleh karena
itu, dalam langkah kedua ini kita harus menyadari adanya kenyataan bahwa
konsumen mempunyai keterbatasan pendapatan yang membatasi jumlah barang yang
dapat mereka beli. Apa yang harus dilakukan konsumen dalam situasi seperti ini
? Kita menemukan jawaban untuk pertanyaan ini dengan mengabungkan preferensi
konsumen keterbatasan anggaran dalam langkah ketiga berikut.
3. Pilihan-pilihan
konsumen: dengan
mengetahui preferensi dan keterbatasan pendapat mereka, konsumen memilih utnutk
membeli kombinasi barang-barang yang memaksimalkan kepuasan mereka. Kombinasi
ini akan bergantung pada harga berbagai barang tersebut. Jadi, pemahaman pada
pilihan konsumen akan membantu kita memahami permintaan yaitu, berapa banyak jumlah suatu barang yang dipilih
konsumen untuk dibeli bergantungan pada harganya.
Ketiga
langkah ini merupakan dasar dari teori konsumen, dan kita akan membahasnya
secara rinci dalam tiga bagian pada bab ini. Kemudian, kita akan mengalih
sejumlah aspek menarik lainnya dari perilaku konsumen sebagai contoh, kita akan
melihat bagaimana seseorang dapat menentukan sifat dasar preferensi konsumen
melalui pengamatan actual terhadap perilaku konsumen. Jadi, jika konsumen
memilih satu barang dari barang alternatif dengan harga yang sama, kita dapat
mengambil kesimpulan bahwa ia lebih menyukai barangyang pertama. Kesimpulan
yang sama dapat diambil dari kepususan aktual yang dilakukan konsumen dalam
menanggapi perubahan harga berbagai barang dan jasa yang tersedia untuk dibeli.
Pada
akhir bab ini, kita akan kembali pada pembahasan tentang harga riil dan nominal
yang sudah mulai kita bahas pada Bab 1. Kita melihat bahwa indeks harga konsumen
dapat memberikan satu ukuran bagaimana kesejahteraan konsumen berubah sepanjang
waktu. Pada bab ini, kita mempelajari lebih mendalam mengenai subjek daya beli
dengan menggambarkan serangkaian indeks yang mengukur perubahan daya beli
sepanjang waktu. Karen hal itu mempengaruhi manfaat dan biaya dari sejumlah
program kesejahteraan sosial, indeks-indeks ini merupakan perangkat yang
signifikan dalam menetapkan kebijakan pemerintah di Amerika Serikat.
Menganai jawaban anda diatas yg poin pertama ada kata "Kita akan melihat bagaimana preferensi konsumen untuk berbagai barang dapat digambarkan secara grafik dan aljabar". ini sangat menarik perhatian saya untuk bertanya, bagaimana contah gambaran grafik dan aljabar yang dimaksud? Mohon penjelasannya
BalasHapus